Kamis, 04 April 2013

Mengatasi Rasa Tegang Saat Menghadapi Ujian Nasional


Kenapa ya, kalau mau UN suka tegang?

Artinya kamu masih belum siap menghadapi UN. Sebetulnya mudah, jika saja kamu belum siap, persiapkan dulu mental kamu. Setelah siap mental, pasti fisik dan kesiapan belajar juga pasti bangkit. Dalam hal ini, dibutuhkan latihan untuk merilekskan pikiran kamu.

Dalam UN, kita dituntut untuk mengerjakan soal yang sebenarnya sudah dipelajari. Jadi, jika sudah pernah dipelajari mengapa masih takut tidak bisa? Belajarlah lagi kalau kamu lupa. Mengatasi rasa tegang saat akan menghadapi UN bisa dimulai dari diri sendiri, tanpa bantuan alat. Seperti tips yang akan diuraikan sebagai berikut:

1) Jangan dibuat stres
Sebenarnya, UN bukan dibuat untuk menjadi beban para siswa. UN hanya dibuat untuk menguji kualitas siswa. Jadi, janganlah dibuat stres karena akan menghadapi ujian. Rasa stres akan semakin mengganggu saja.

2) Hadapi dengan rasa senang
Salah satu keuntungannya, yaitu kamu menjadi tidak merasa terbebani. Dengan rasa senang, maka kamu akan dengan senang hati menghadapinya. Dan sadarilah, sebenarnya UN bukan bencana. Rasa senang bisa membuat proses belajar menjadi lancar dan menyenangkan, sehingga kamu mampu menghadapinya tanpa mengeluh.

3) Ikhlas belajar
Segala hal yang kamu lakukan di muka bumi ini, haruslah dengan rasa ikhlas. Begitupun dengan belajar. Belajar bukan paksaan. Belajar adalah proses untuk mencapai kesuksesan dalam UN. Keikhlasan belajar juga dapat membantu kamu mendapatkan jalan dalam setiap kesulitan :-)

4) Anggaplah UN sebagai tantangan yang bisa kamu taklukan!
Jangan jadikan UN sebagai penjajah yang terus menuntut kamu. Anggaplah UN sebagai tantangan yang bisa kamu taklukan. Tantangan yang mudah dan bisa kamu taklukan akan mendorong diri untuk terus mencari cara agar tantangan tersebut bisa takluk.

Semoga bermanfaat :-)
URL : http://mimorbombom.blogspot.com/2013/04/mengatasi-rasa-tegang-saat-menghadapi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar