Minggu, 03 Maret 2013

Tubuh Tidak Berkeringat dan Tips agar Tubuh Mengeluarkan Keringat

Follow : @mormimow
Keringat biasanya tak diharapkan bagi mereka yang sedang melakukan aktivitas harian, karena membuat baju basah dan badan lengket. Bayangin aja bagi pegawai kantoran yang masih menggunakan angkutan umum, bagaimana tidak enak rasanya ketika tiba di kantor dengan badan yang berkeringat dan terkadang menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Padahal, keringat sebenarnya menjadi pertanda bahwa tubuh sehat. Keringat menandakan tubuh sedang beradaptasi dengan lingkungan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Keringat juga bisa jadi pertanda tubuh sedang bekerja mengatur suhu tubuh.

Keringat sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena melalui keringat, racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan. Selain lewat urin, racun atau toksin tubuh juga keluar melalui proses sekresi yang terjadi lewat kelenjar kulit yaitu keringat.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi jika seseorang justru susah atau bahkan tidak mengeluarkan keringat saat beraktivitas?

Ini justru menjadi sinyal yang buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika keringat tak kunjung muncul setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau berada di bawah suhu yang panas, maka hal ini patut diwaspadai.

Menurut dr. Hanny Nilasari, ahli Dermatologis RSCM, tidak berkeringat justru dapat menyebabkan penyakit karena tidak adanya penyesuaian suhu tubuh. Orang yang tidak pernah mengeluarkan keringat lebih rentan terserang penyakit karena racun atau toksin yang berada di dalam tubuhnnya tak dapat keluar. 

Tidak keluarnya keringat bisa jadi merupakan gejala gangguan metabolisme tubuh, gejala awal penyakit gondok, atau pertanda gejala serangan jantung, dan penyakit dalam yang lainnya bisa jadi ditunjukkan dengan tubuh yang tak dapat mengeluarkan keringat. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui gangguan yang sedang terjadi pada tubuh.

Mencegah lebih baik daripda mengobati. Bagaimana agar tubuh kita berkeringat ?

Berikut adalah tips agar tubuh mengeluarkan keringat.

1. Berada di Dalam Ruangan Yang Panas
Jika kita berada di dalam suatu ruangan yang pengap kurang ventilasi udara, maka biasanya kita akan kegerahan sehingga tubuh pun akan mengeluarkan keringat secara otomatis. Selain itu bisa juga dengan masuk ke dalam ruangan mandi uap panas di tempat-tempat yang menyediakannya.

2. Berjemur di Bawah Terik Sinar Matahari
Ingat tidak waktu dulu upacara bendera atau jam praktek olahraga di sekolah? Di pagi hari yang cerah kita akan berhadapan dengan sang mentari yang selalu setia menemani kita. Tubuh kita lama kelamaan akan merasakan panas dan keringat pun dengan serta merta akan menemaninya.

3. Makan Makanan Pedas atau Panas
Bagi yang hobi makan-makanan pedas pasti sudah terbiasa dengan efek yang ditimbulkan dari pedasnya cabai (cabe). Selain terasa membakar lidah, keringat pun akan ikut bercucuran ketika tubuh kita merespon rasa pedas yang amat sangat. Begitu pula jika kita makan makanan panas berkuah di tempat yang tidak dingin, maka badan kita bisa bermandikan keringat.

Nah, semoga bermanfaat :-)
URL : http://mimorbombom.blogspot.com/2013/03/tubuh-tidak-berkeringat-dan-tips-agar.html

10 komentar:

  1. bila tubuh ttep gk keluar keringat itu di sebabkan apa ya??
    kurang vitamin apa?

    BalasHapus
  2. kenapa ea gak berkeringat?apa solusinya?

    BalasHapus
  3. Ia ko saya susah berkeringat...

    BalasHapus
  4. Ia ko saya susah berkeringat...

    BalasHapus
  5. Ia ko saya susah berkeringat...

    BalasHapus
  6. Dan kalaw terlalu banyak berkeringat kok badan jadi lesu

    BalasHapus
  7. kira-kira penyakit apa yg diderita kalau sendainya susah berkeringat y??

    BalasHapus
  8. Pdahal saya pekerja berat,kerja nya di tempat yg pnas,di dpan kompor,dan di tmbah sinar matahari yg begitu pnas,dari sekian pekerja,tp cuma aku
    yg ga mngeluarkan kringat sebanyak oringat mreka,bhkan cmn aku yg terlihat tak berkeringat,knpa bisa ga berkeringat ya?

    BalasHapus
  9. wah ternyata bahaya jga ya
    =

    BalasHapus
  10. Saya juga kerja berat tapi gak berkeringat

    BalasHapus