Kamis, 28 Maret 2013

Bahaya Minum Kopi yang Berlebihan



Benar gak sih? Minum kopi bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita? Ya, setiap apapun di dunia ini pasti punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Begitu pula pada kopi. Kopi juga punya efek buruk jika konsumsinya terlalu berlebihan.

Bagi yang gemar minum kopi hangat di pagi hari, jangan terlalu khawatir akan bahaya yang ditimbulkan. Asalkan konsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan. Mungkin 1-2 cangkir sehari cukup. Intinya, konsumsi kopi dengan bijak.
Tahukah kamu?
Minum kopi berlebih bisa mengurangi kesuburan bagi wanita :-O
terlebih, jika dibarengi dengan konsumsi alkohol. Berdasarkan Reader’s Digest Desember 1994 yang mengutip laporan penelitian, disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein.
Kopi juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Berdasarkan kepada journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 disebutkan bahwa minum kopi 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat dari endapan lemak dan akhirnya berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Perlu kamu ketahui bahwa kopi berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi bisa dalam bahaya, karena senyawa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam.
Kelebihan minum kopi bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil dan gangguan pada bayi saat lahir. Berdasarkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi sebanyak 100 mg kafein setiap harinya akan lebih mudah mengalami keguguran.
Sedangkan berdasarkan Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan terhadap kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan, selain itu kandungan kafein juga membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, sehingga resiko kematian pada bayi bisa meningkat sebesar dua kali lipat.
Kafein dalam kopi bisa menyebabkan keropos tulang. Efek ini sebagian besar ditemukan pada wanita yang memasuki masa menopause dengan konsumsi kafein tinggi. Sebagian besar penelitian menemukan konsumsi kafein yang tidak berlebihan tidak mengakibatkan pengeroposan tulang. Kafein juga bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup,sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Kebiasaan minum kopi panas-panas juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker esophagus. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jadi, bagi yang menderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi.
URL : http://mimorbombom.blogspot.com/2013/03/bahaya-minum-kopi-yang-berlebihan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar