Kamis, 28 Maret 2013

Cara Mengatasi Malas Belajar

Malas Belajar ??

Bagi para pelajar, biasanya rentan dan sangat mengenal malas belajar. Tetapi, malas belajar sebenarnya tidak penting. Malas saat belajar hanya dapat mencelakai diri sendiri. Karena rasa malas yang tinggi, IQ menjadi mengalami penurunan yang cukup drastis. Coba bandingkan prestasi orang yang malas belajar dengan orang yang rajin belajar. Prestasi pada orang yang rajin belajar akan jauh lebih baik.

Sebenarnya banyak pelajar yang ingin menjadi orang rajin. Kadang, tekad pertama dalam schedule-nya adalah belajar yang rajin. Akan tetapi, ketika membuka buku, rasa malas datang menghampiri dan menguasai seluruh tubuhnya. Apalagi jika harus membaca buku yang tebal dan tidak bergambar. Kesannya bosan dan menganggap buku itu tidak menarik.

Lalu bagaimana agar rasa malas itu pergi??

Cara menghilangkan rasa malas saat beajar sebenarnya mudah. Jika diniatkan, maka semuanya akan berjalan lancar dan menyenangkan. Berikut adalah cara-cara menghilangkan rasa malas saat belajar.

1) Niatkan dalam Hati
Niat yang sudah tertanam dalam hati akan menunjang semua kegiatan. Dengan niat yang baik dan benar, kegiatan apapun akan terlaksanakan, termasuk dalam belajar. Selain itu, merubah diri juga diawali dari berniat yang sungguh-sungguh.

2) Tidak Memandang Sebuah Pelajaran itu Susah
Saat kita berkata "susah" pada suatu pelajaran, secara tidak sadar bahwa kita sedang mengutuk suatu pelajaran menjadi benar-benar susah dan tentunya kita sendiri juga susah mengerjakannya. Katakanlah "mudah" pada segala hal, karena itu akan membuat pikiran kita menjadi mudah dan kita terbawa santai saat mengerjakannya.

3) Percantiklah Buku Catatan
Dengan mempercantik buku catatan, maka kita akan sangat tertarik untuk membacanya. Percantiklah dari sampul, tulisan yang bergambar, balpoin warna-warni, dan kreasi lainnya. Jika kita membaca buku yang seluruhnya berisi tulisan hitam, tidak bergambar, dan tidak menarik, maka kita sendiri akan merasa malas membacanya. Selain itu, membaca buku yang menurut kita tidak menarik itu akan membuat otak sulit mencerna materi yang sudah dibaca. Cara mempercantik buku catatan ini juga sekaligus memanjakan mata dan otak.

4) Matikan TV, Ponsel, dan Elektronik Lainnya
Ketika kita sedang belajar, kita harus fokus dan tetap pada pelajaran. Jika kita belajar tanpa mematikan alat elektronik, maka pikiran kita akan terfokus pada dua hal. Itulah yang menyebabkan otak menjadi sulit mencerna pelajaran. Terlebih, jika belajar sambil SMS-san, bisa jadi kita lebih fokus pada SMS daripada pelajaran.

5) Lihatlah Orang yang Lebih Pintar
Mengapa harus melihat orang yang lebih? Agar kita termotivasi untuk bangkit. Dengan melihat orang yang lebih pintar, maka kita akan sadar bahwa ternyata kita masih berada jauh dibawah. Dengan begitu, kita akan terpacu untuk maju dan terus berusaha mengejar.
URL : http://mimorbombom.blogspot.com/2013/03/menghilangkan-rasa-malas-belajar.html

1 komentar: