Jumat, 31 Mei 2013

Apa itu Masa Lalu ?

Assalamualaikum :)
Kali ini saya akan memberi sedikit ulasan tentang masa yang pernah dialami oleh semua golongan, yaitu masa lalu.
Umumnya orang-orang merasa sedih mengingat masa lalu, tapi ada orang yang bahagia mengingat masa lalu. Hal ini membuat banyak pepatah menjadi berlawanan. Ada yang mengatakan bahwa masa lalu itu harus dilupakan, ada pula yang mengatakan bahwa masa lalu itu tidak boleh dilupakan. Nah, di sini saya akan memberi jalan tengah bagi pembaca.
Masa lalu adalah segala sesuatu yang telah terjadi, baik kita yang memutuskan terjadi berdasarkan kemauan kita ataupun tidak. Kehidupan manusia itu berbeda-beda. Ada yang pernah mengalami masa lalu kelam, ada juga manusia yang pernah mengalami kebahagiaan di masa lalunya. Umumnya, orang yang mempunyai masa lalu kelam sangat ingin melupakannya. Tetapi berbeda dengan orang yang mempunyai masa lalu bahagia. Berbagai pepatah juga banyak yang berselisih. Pepatah satu mengatakan "Yang lalu, biarlah berlalu. Tak perlu diungkit kembali". Pepatah dua mengatakan "Jangan pernah melupakan masa lalu, karena masa lalu adalah bagian dari hidupmu". Sebenarnya, tergantung pada cara kita menyikapinya.
Yang pasti, hidup itu bertahap. Tak ada manusia yang begitu terlahir langsung sukses. Tak ada juga manusia yang baru lahir sudah langsung terpuruk. Dan yang perlu diingat, guru terbaik dalam hidup adalah masa lalu. Bila masa lalu itu kelam, jadikanlah sebuah motivasi agar kehidupan kita di masa depan tidak sekelam itu. Jadikanlah sebagai ajang membangun diri agar lebih baik. Setelah sukses nanti, kita pasti akan bangga dengan masa lalu yang kelam itu. Kita akan bangga telah bangkit dan berjuang hingga akhirnya kita telah bahagia.
Bila masa lalu itu cerah, jadikanlah tolok ukur kehidupan. Jangan jadikan masa depan kita kelam. Jadikanlah masa depan kita cerah seperti masa lalu. Apa yang dilakukan seperti dulu, hendaknya kita pelajari untuk masa depan kita yang akan datang. Bila masa lalu sudah indah, mengapa masa depan harus kelam ? Tokohnya saja adalah diri kita sendiri.
Jadi kesimpulannya, masa lalu tak harus dilupakan, karena masa depan juga tidak akan ada jika tidak ada masa lalu. Dan tak harus diingat-ingat terus juga, karena hidup itu tak hanya di masa lalu. Masih ada masa depan yang menanti. Kita memang punya masa-masa indah, kelam, duka, dan bahagia. Dibalik itu semua, ada hikmah yang terkandung, yang sebenarnya harus kita pelajari :)
Semoga bermanfaat :)

@mirnasafith
URL : http://mimorbombom.blogspot.com/2013/05/apa-itu-masa-lalu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar